Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
You are here
Home > News > GARUT SELATAN RAWAN BENCANA LONGSOR

GARUT SELATAN RAWAN BENCANA LONGSOR

GARUT- Memasuki musim pengujan garut selatan rawan bencana longsor, Banjarwangi ,Rabu(23/01).Bencana longsor masih jadi ancaman utama terutama di Garut selatan,Kontur alam berupa pegunungan bertanah labil menjadi alasannya.

KABARAYA.com – Dari 42 kecamatan di Kabupaten Garut, 16 di antaranya merupakan daerah yang paling rawan bencana. Kerawanan paling tinggi terjadi dari potensi bencana banjir, longsor, pergerakan tanah, serta angin puting beliung.

Selain itu, banyaknya gunung dan perbukitan menambah tingginya tingkat kerawanan. bencana. Banyaknya bencana yang sering terjadi, membuat garut menjadi etalase bencana. Di Jawa Barat, Garut menempati peringkat keempat daerah rawan bencana.

Setelah terjadi kemacetan selama berjam-jam akses jalan pengubung menuju Kec. Singajaya bisa dilalui dengan normal namun jalan masih dipenuhi tanah bekas longsor yang licin .pihak masyrakat yang membersihkan longsor memanfaatkan untuk mencari uang dari pengendara yang melewati jalan tersebut.
Daerah Garut Selatan memang rawan longsor karena tepi jalan dipenuhi dengan bukit-bukit dan juga perkebunan apalagi memasuki musim penghujan dihimbau Kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati.

Pihak Perhutani pun sudah menghimbau kepada masyarakat agar disetiap tanah yang mereka miliki ditanami pepohonan yang ada dipinggiran jalan kebanyakan tanah yang mereka miliki dijadikan ladang sayur-sayuran, jika sudah ditanami pepohonan maka akan meminimalisir terjadinya longsor karena sebagai penopang tanah. dan masih banyak juga warga yang mendirikan rumah atau bermukim di tepi lembah yang rawan.

Bencana longsor masih jadi ancaman utama terutama di Garut selatan. Kontur alam berupa pegunungan bertanah labil menjadi alasannya apalagi sudah memasuki musim penghujan longsor bisa terjadi dibeberapa titik.
Bukan berarti wilayah lainnya seperti utara dan tengah tidak terdapat potensi bencana. Pada dasarnya seluruh kecamatan yang ada di Garut ini memiliki kerawanan bencana. Hanya saja yang paling rawan terdapat di wilayah selatan

Banyaknya bencana yang sering terjadi, membuat garut menjadi etalase bencana. Di Jawa Barat, Garut menempati peringkat keempat daerah rawan bencana. Maka perlu perhatian khusus dari masyarakat dan pihak pemerintah untuk menangulangi terjadinya longsor agar tidak ada korban jiwa dari bencana longsor dan juga adanya kenyamanan dalam masyarakat bila melakukan perjalanan.

Penulis : Andre Tri Utomo – Kabaraya.com
http://spab.kemdikbud.go.id/ (infografik)

Leave a Reply

Top