Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
You are here
Home > News > KEMUDAHAN MEMPERPANJANG SIM

KEMUDAHAN MEMPERPANJANG SIM

KABARAYA.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bandung kembali menyediakan Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling pada hari Rabu (23/01) di BTM Cicadas Jl. Ibrahim Adjie, diadakannya pelayanan SIM keliiling ini untuk ketertiban administrasi negara dan mempercepat serta mempermudah masyarakat memperpanjang SIM yang akan habis masa aktifnya. Pelayanan SIM keliling ini diadakan dibeberapa tempat mulai tanggal 21-27 Januari
2019 pukul 09.00-12.00.

Di Indonesia sendiri khususnya di Kota Bandung masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi peraturan saat berkendara seperti tidak memakai helm dan SIM yang sudah habis masa aktifnya. Salah satu faktor yang biasanya mempengaruhi pengendara motor ataupun mobil malas dalam memperpanjang SIM yaitu jarak tempat memperpanjang SIM yang jauh, malas menganteri dan mempersiapkan persyaratannya.

Dengan adanya SIM keliling ini masyarakat lebih dimudahkan dalam waktu ataupun jarak ketika ingin memperpanjang SIM. “ saya sangat merasa terbantu dengan adanya sim keliling ini, karena tidak banyak buang waktu dan prosesnya cepat sama mudah ditemukan dimanapun”, ujar Santi salah satu masyarakat yang sedang memperpanjang SIM.

Persyaratan memperpanjang SIM  yaitu :

  1. SIM yang masih berlaku dan tidak melebihi masa berlakunya.
  2. KTP asli atau SUKET ( surat keterangan pengganti KTP ) yang masih berlaku berikut fotocopy KTP/SUKET.
  3. Pelayanan SIM Keliling ini hanya melayani perpanjangan SIM A dan C.
  4. Proses perpanjangan SIM dapat dilakukan pada hari H nya jauh hari sebelumnya.
  5. Surat keterangan sehat dari dokter yang di tunjuk oleh kepolisian menyatakan sehat jasmani, tidak buta warna, tidak tuli, tidak cacat fisik, serta virus mata atau jarak pandang. Semua keterangan tersebut harus dilampirkan.

Masyarakat bisa mengetahui jadwal SIM keliling dengan melihat sosial media seperti instagram kapolri ataupun instagram info bandung.

Penulis : Alya R Nadhifa – Kabaraya.com

Leave a Reply

Top