Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
You are here
Home > Wisata > ADA YANG INDAH DI SUDUT KOTA SUMEDANG

ADA YANG INDAH DI SUDUT KOTA SUMEDANG

Hari Selasa tanggal 11 Desember 2018 kami mendapat tugas kelompok untuk pergi ke Sumedang tepatnya ke Waduk Jati Gede. Kami berangkat pukul 09.00 pagi, Perjalanan memakan waktu 3 jam untuk sampai di kota Sumedang. Selama perjalanan ke Sumedang kami melewati jalan Cadas Pangeran yang konon katanya banyak sekali yang kecelakaan di jalan tersebut dan juga mitos yang lainnya. Setelah perjalanan kita sampai di Sumedang, kita harus melewati daerah dan menempuh 1 jam untuk sampai di Waduk Jati Gede. Selama 1 jam di perjalanan kita harus melewati jalanan yang berbatu dan berlubang, tidak hanya itu di perjalanan pun kami menemukan masyakarat sekitar melalukan pungli dengan alasan untuk memperbaiki jalan.

Sesampainya kami di tujuan, ternyata kami tidak di perbolehkan untuk masuk ke area tersebut. Di karenakan wilayah bendungan tersebut milik pemerintah, jadi kita harus ada surat perizinan terlebih dahulu. Dan kami pun memutuskan untuk pergi ke kawasan bendungan yang telah di jadikan objek wisata. Sesampainya di sana tiba-tiba hujan turun, dan kami pun ikut berteduh di salah satu warung yang berada di sana. Sambil menunggu hujan reda, salah satu dari kami menanyakan tentang bendungan tersebut kepada pemilik warung. Tidak lama kemudian hujan pun reda dan kami melanjutkan untuk mengambil dokumentasi di area tersebut.

Waduk Jatigede merupakan bendungan terbesar ke-2 di Indonesia setelah Waduk Jatiluhur. Lokasinya terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Pembangunan bendungan dimulai pada tahun 2008 dan selesai pada tahun 2015. Waduk Jatigede sendiri merupakan anakan Bendungan Jatigede yang telah diresmikan pada 2015. Waduk ini telah menelan empat kecamatan, yakni Kecamatan Jatigede (Desa Ciranggem, Desa Jemah, Desa Mekarasih, dan Desa Sukakersa), Kecamatan Jatinunggal (Desa Pawenang dan Desa Simasari), Kecamatan Wado (Desa Wado, Desa Cisurat dan Desa Padajaya).

Setelah itu kami bergegas kembali pulang ke Bandung, dan selama perjalanan pulang ke Bandung kami di kelilingi pemandangan yang sangat indah, sejuk, dan asri. Dan kami pun menikmati perjalanan pulang ke Bandung, di saat perjalanan pulang ke Bandung kami pun tidak lupa untuk membeli makanan khas Sumedang yaitu Tahu Sumedang untuk menemani kami selama di perjalanan.

Team Penulis :

Fasha Fadilah 41817028
Faisal Akbar 41817027
Gevin Novwan R.H 41817023
Arkani Adila 41817006
Silva Nurul H 41817019
Afiqah 244700

One thought on “ADA YANG INDAH DI SUDUT KOTA SUMEDANG

Leave a Reply

Top