Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
You are here
Home > News > Menjadi Wirausahawan di Era Industril 4.0 | Aang: Pelaku UKM Harus Melek Platform Digital

Menjadi Wirausahawan di Era Industril 4.0 | Aang: Pelaku UKM Harus Melek Platform Digital

Mantan Bupati Kuningan Aang Hamid Suganda memberikan materi dalam diskusi tentang Tantangan Wirausaha di era Industri 4.0 di Hotel Asrilia, Bandung, (10/11)

Kabaraya.com – Bandung, Aang Hamid Suganda mengajak generasi muda Jawa Barat khusus Bandung Raya untuk segera merintis dan mengembangkan wirausaha. Diera eigital, saat ini, ucap Aang berwirausaha lebih mudah diwujudkan. “Menjadi pengusaha itu modal utamanya adalah keinginan, lalu action. Era digital ini tentu kian memudahkan semua orang untuk bisa merancang jenis usaha sesuai dengan seleranya,” ungkap Aang dalam sebuah diskusi dengan tema “Menjawab tantangan dan peluang kewirausahaan di Jawa Barat di era Industri 4.0” di hotel Asrilia, Senin (10/11).

Aang mencontohkan tumbuh suburnya industry kreatif yang menggunakan media internet, seperti bermunculannya star-up yang kini tampil menjadi raksasa ekonomi digital tanah air. Menurut dia, perubahan platform bisnis saat ini harus diterima sebagai peluang bagi generasi muda. “Buka Handphone android kalian, lihat ada ratusan starup bisnis yang dirancang anak muda kita. Lapak jualan pengusaha masa kini tak melulu harus di toko, mal, outlet-out let, tapi di dunia maya,” ungkapnya.

Karena itu ia mendorong generasi muda untuk memulai usaha dari skala rumahan, atau biasa disebut Usaha kecil menengah (UKM). Menurutnya, generasi muda Bandung itu dikenal dengan dengan generasi kreatif. “Cita-cita kita memang harus tinggi, tapi untuk mewujudkannya harus dimulai dengan action yang terukur. Ibaratnya, jangan terlalu melihat yang sudah besar, sehingga menjadi ciut nyali untuk memulai usaha. Usaha itu jenisnya banyak, garaplah yang paling kalian sukai, lalu jalankan, rawat dengan serius,” bebernya.

“Kita bangga pelaku UKM di Kota Bandung saja sudah diatas seribu UKM. Saya harap tiap tahun terus berkembang, sehingga nantinya UKM akan melahirkan pengusaha-pengusaha baru. Pelaku UKM Harus Melek Platform Digital era industri 4.0 tanpa bisa ditawar lagi, soalnya konsumen masa kini belanjanya melalui aplikasi,” tambahnya.

Aang menambahkan diera industri 4.0 sekarang, semua pelaku usaha harus melek teknologi, tanpa kecuali. “Era sekarang ini kita sudah berada di era revolusi industri 4.0. Manusia memasuki era baru dalam pranata ekonomi. Genarasui muda kota Bandung tak cukup hanya menonton tapi harus aktif sebagai pelaku,” pungkasnya.(*)

Leave a Reply

Top